PASANG IKLAN

Biografi Mulan Jameela


Biografi Mulan Jameela / Raden Terry Tantri Wulansari
Nama Lengkap: Raden Terry Tantri Wulansari
Nama Panggilan: Mulan Jameela
Tanggal/Tanggal Lahir: Garut, Jawa Barat, 23 Agustus 1982
Zodiak: Virgo

KELUARGA:
Nama Ayah: R HE Komar
Nama Ibu: Titi Aisyah,
Nama Istri/Suami: Harry Nugraha (cerai 2005)
Nama Anak: Tyarani Savitri, Muhammad Rafly Aziz

PENDIDIKAN:
SD: SD Cinta Kasih, Garut
SMP: SMP Jelang Senja Garut
SMU: SMA Jamilah Sari 7, Garut
Perguruan Tinggi: STBA Bandung (lagi cuti)

FILM:
1. Maaf Saya Menghamili Istri Anda

SINETRON:
1. Primadona Mencari Surga (FTV)
2. Pasangan Heboh.
3. Bodyguard Sang Penyanyi (FTV)
4. Penyanyi Yang Difitnah (FTV)
5. Serumah Tapi Musuh (FTV)

ALBUM:
1. Teman Tapi Mesra (Single dalam kompilasi Ratu and Friends, 2005)
2. No 1 (2006)


Selain sebagai artis, Mulan Jameela punya sisi-sisi lain sebagai ibu. Ia punya cara untuk mendekatkan diri ke anak-anaknya lewat masakan. Sebagai wanita, ia juga punya komentar tentang dirinya yang selalu dikaitkan dengan prahara rumahtangga Dhani-Maia. 

Di awal tahun ini Mulan Jameela (30), atau dulu dikenal sebagai Mulan Kwok, bertransformasi. Dengan “wajah baru”, Mulan ingin mengukuhkan eksistensinya sebagai penyanyi solo, sekaligus mengikis bayang-bayang Mulan sebagai pelengkap duo Ratu bersama Maia Estianty.

Dari segi penampilan, Mulan yang dulu berbusana ala harajuku di Ratu, kini bergaya Timur Tengah. Dari make-up, Mulan mengaku didandani lebih dewasa. Perubahan imej dan karakter ini, kata Mulan, adalah hasil kerjasama dirinya dengan manajemen Rupublik Cinta yang dikomandoi Ahmad Dhani.

Dari semua perubahan itu, mungkin yang paling menarik perubahan nama dengan embel-embel Jameela. “Kami ingin perubahan ini secara total. Dan tambahan Jameela lebih memperkuat perubahan imej itu dan lebih ‘menjual’,” kata Mulan beralasan. 

Uniknya, nama Jameela itu ditemukan saat penggarapan lagu hits album barunya, Makhluk Tuhan Paling Sexy. “Backing vocal berkali-kali menyebut Jameela, Jameela. Kami semua tersadar nama Jameela bagus kalau dipasangkan dengan nama Mulan, tuh. Artinya juga bagus, berarti cantik,” imbuhnya.

Mulan tak mempersoalkan namanya digonta-ganti. Bahkan, ia mengaku sudah lima kali ganti nama. Cerita Mulan, saat lahir di Malambong, Garut (23 Agustus), orangtuanya, R HE Komar -Titi Aisyah, memberi nama Raden Terry Wulansari. Nah, tidak tahu prosesnya, nama yang cukup panjang itu menjadi lebih panjang dengan tambahan Tantri. “Biasalah anak kecil, kan suka tambah-tambah nama. Maka jadilah Raden Terry Tantri Wulansari,” ujar ibu dari Tyarani Savitri (7) dan M Rafly Aziz (4,5) ini.

Tapi, entah bagaimana kejadiannya, di akte kelahiran, yang tercantum cuma nama Raden Wulansari. Nama itulah yang dipakai dari SD hingga SMU. Ketika bergabung di Ratu namanya menjadi Mulan Kwok dan kini Mulan Jameela.

Maniak Tahu Gejrot
Perubahan diri itu berdampak konsekuensi lain buat Mulan. Lantaran lagu yang dibawakan bernuansa Arab, maka Mulan pun diwajibkan bisa melakukan gerakan tari perut. Rupanya, gerakan tarian perut tak sederhana yang dibayangkan. Bila salah, badan bisa sakit atau keseleo. Mulan yang jarang berolahraga pun harus melakukan pemanasan dahulu untuk memulainya. “Hari pertama latihan, aku sampai enggak bisa bangun dari tempat tidur. Badan rasanya capek semua,” sebut Mulan.

Karena tak ingin terjadi apa-apa dengan dirinya, Mulan amat serius saat latihan menari. Awalnya ia dilatih dua kali seminggu. Kini latihan sendiri. Saat menyanyi konsentrasinya kini terbagi untuk bisa menari perut dengan baik. Kontak dengan penonton pun sering dilakukan Mulan dengan menari sambil menjulurkan tangannya dan berlenggok kesana-kemari.

Mau tidak mau, karena sering menari perut, Mulan sekarang amat perhatian dengan perutnya. Untunglah, meski sudah dua kali bersalin dengan proses normal, perut Mulan terhitung bagus. Pasca persalinan dahulu ia menuruti anjuran ibu dan mantan mertuanya untuk perawatan secara tradisional. Seperti rajin meminum jamu dan mengenakan stagen.

“Jadi, waktu kelahiran anak pertama, baik ibuku maupun mantan mertuaku merawatku dengan ketat. Selama 3 bulan perutku dipasang stagen dengan kencang. Perut juga dibobokin dulu dengan ramuan-ramuan para sesepuh Sunda. Belum lagi setiap hari ada paraji (dukun pijat ) yang datang memijat tubuh. Soal jamu, rasanya luar biasa (pahit, Red). Nah, sekarang aku tinggal memetik buahnya," cerita Mulan sambil tersenyum bangga.

Selain peduli dengan perutnya, Mulan yang merasa tak semolek masa muda dahulu, amat memperhatikan pahanya. Karena ia merasa pahanya terhitung besar dan perlu dikencangkan. Untuk itu, sebelum tidur, Mulan sering mengurut-urut sendiri pahanya dengan krim. Sebab, untuk melakukan di salon atau spa, Mulan mengaku tak punya waktu, lantaran jadwal show yang ketat.

“Aku tuh, malam-malam pakai krim yang bisa menghilangkan lemak. Bukan tidak bersyukur, tapi bagian pahaku kan gede, jadi harus dilangsingkan," sebut Mulan yang terbiasa tidur ditemani kedua buah hatinya.

Sementara, soal bobot tubuhnya, sejak dahulu Mulan tak pernah merasa dipusingkan. Sebab, tubuhnya tak masuk dalam kategori gampang melar. Jika ingin menurunkan berat badan ia cukup beraktivitas yang banyak memakan energi atau tidak makan malam. Cara itu sudah menjadi tradisi di keluarganya. “Dari dulu sampai sekarang, aku paling berat 50 kg. Wah, itu sih sudah gemuk banget,” cetus Mulan kini berbobot 45 kg.

Selain itu, Mulan termasuk orang yang tak gampang dipicu nafsu makannya. Mulan sangat pilih-pilih makanan yang ingin dilahapnya. Tapi, ada satu makanan favorit yang tidak bisa ditolaknya. Yaitu tahu gejrot. “Setiap hari ayo aja,” seru Mulan. 

Sampai pernah, Mulan menginginkan tahu gejrot seperti layaknya orang ngidam. Di suatu malam, dini hari, ia ingin sekali makan tahu gejrot. Hanya itu, yang lain tidak mau. Akhirnya si tahu gejrot itu dicari dengan menjelajahi kota Jakarta. Keberadaan makanan asal Cirebon itu ditemukan di kawasan Monas. Dahaga Mulan pun terlunasi “Meskipun rasanya masih kurang dibandingkan tahu gejrot langgananku. Enggak apa-apalah mumpung mau makan," ujar Mulan.

Untuk kesehatan tubuhnya Mulan telah melakukan terapi air putih. Jika dahulu dalam sehari ia paling banter meminum lima gelas air putih, kini minimal dua liter. Kulit pun dirasakan tidak kering. “Aku langsung minum air putih sejak bangun tidur dan perut lagi kosong. Dua gelas. Pertama-tama sih, aku mual dan mau muntah, tapi sekarang sudah terbiasa,” ungkapnya lagi.

Selain air putih, untuk kesehatannya, Mulan rajin makan buah-buahan. Menurutnya, buah-buahan selain menyehatkan tidak membuatnya gemuk. Seperti saat pemotretan di NOVA, Mulan minta dibelikan buah rambutan ke asistennya untuk dijadikan cemilan. 

Dan alhamdulillah, kata Mulan, meski terhitung sibuk dan sulit makan, cara makan seperti itu membuat ia jarang sakit.

Gaun Rancangan Sendiri
Tiba di Studio NOVA di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (8/1), Mulan disodori tiga buah busana. Tapi Mulan hanya memilih satu berwarna merah. Pasalnya, dua busana lain terlalu besar untuk ukuran tubuh Mulan. Asisten Mulan, Mira, pun kembali lagi ke Pondok Indah, Jakarta Selatan, untuk mengambil busana dari koleksi pribadi Mulan. Sambil menunggu Mira tiba, Mulan menghangatkan tubuh dengan jaket dan menyantap tekwan.

Ternyata Mira datang dengan gaun merah hasil rancangan Mulan sendiri. Mulan bergegas melepaskan jaket, berganti busana dan kembali berhadapan dengan dingin, karena kipas angin menyala untuk memberi efek terbang pada rambut Mulan. Beruntung, lampu ribuan watt juga menyala dan turut menghangatkan Mulan. Pemotretan berlangsung sekitar sejam.

Usai dari NOVA, Mulan punya rencana ke dokter kulit, karena wajahnya sedang berjerawat. “Kata dokter, sih, karena asma kulit. Tapi aku juga enggak tahu, asma kulit itu seperti apa,” komentar Mulan sambil pamit. (Artikel ini diambil darihttp://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=15750)



Sumber : 


Baca Juga Artikel Lainya